Riset Minggu Ini (1): Mengukur Modal Manusia (Human Capital)

[Kata Pengantar] Setelah seminggu menjalankan rubrik Ngopi Pagi yang berisi cuplikan berita ekonomi terkini, saya pikir perlu juga membuat rubrik serupa khusus membahas penelitian atau karya ilmiah di bidang Ekonomi. Rubrik tersebut saya beri nama Riset Minggu Ini

Kata 'minggu ini' mengacu pada minggu saat saya membaca karya dari para peneliti tersebut. Bisa jadi memang baru saja beredar maupun yang sudah terbit di masa lampau. 

Di rubrik tersebut, saya tidak ingin membuat peringkat (rating) seperti pemeringkatan film-film atau tempat makan. Tujuannya sekadar berbagi informasi, siapa tahu bisa menjadi bahan diskusi.

***

Di minggu pertama ini, saya akan membahas working paper yang baru terbit beberapa hari lalu di NBER dengan judul A Brief Introduction to Human Capital Measures, karya Gang Liu & Barbara M. Fraumeni. Paper ini membahas metode apa saja yang biasanya digunakan dalam mengukur modal manusia (human capital) atau kadang juga disebut modal insani.

Sesuai dengan judulnya, paper ini menjelaskan secara singkat enam cara pengukuran modal manusia, baik yang diukur secara moneter maupun  yang berdasarkan indeks. 

Pengukuran secara moneter: 
Sedangkan pengukuran berdasarkan indeks:
Selain menjelaskan cara pengukuran modal manusia yang telah disebutkan di atas, mereka juga membandingkan berbagai pengukuran tersebut menggunakan korelasi Spearman maupun korelasi Pearson.